Tuesday 4 November 2014

Update Bulan Pertama, Kebabs, Climate + Winter!

Hi all!

Udah sebulan plus beberapa hari gw tinggal di Jakarta. And so far, so good. Well, Internet masih belom dipasang di rumah. Apparently modemnya lagi out of stock. Tapi selain itu, no problemo. No big problemo at least.

Sebulan pertama, bimbel, ketemu temen beberapa kali, nengokin eyang. :) Wut else. Nothing much, really. 2 minggu terakhir jarang ke luar gara2 ada TryOut, and other stuffs

Sebulan cepet juga ya. Well, 3 tahun aja cepet. 17 tahun aja cepet. Is it gonna get slower..?

Ok, mungkin skrg mau share aja, apa aja yg gw kangenin dari Paris, setelah sebulan gw pulang. Beberapa hal aja sih, seinget2 gw aja yaa.

1. KEBAB
Damn. Parisian Kebab is the best. Kangen parah.

Ok, kalo ada diantara kalian yang bakal jalan2 ke Paris, beli kebab. Like, seriously. Selain beli Crêpes, beli kebab karena 1.) Dibandingin makanan lain, kebab itu lumayan murah dan sangat mengenyangkan, 2.) Cocok sama lidah Indonesia dan 3.) Halal, bagi kalian yang nyari makanan halal.

Like, uhhh maan, kangen parah.

Kadang namanya bisa kebab, kadang juga "grec"... Trus ada yg pake roti, ada yg pake "galette" ato roti pipih/tipis gitu (ini kyknya yang paling mirip sama kebab2 yg ada di Indo), bisa juga pake bulgur, semacam nasinya gitu. Bisa pake "frites" juga ato french fries... Intinya puas. Mereka biasanya juga nyediain saos2 kyk saos tomat sama mayo. Yg biasa gw pesen itu mayo + Algerien. Man... Tapi, kalo makan jangan lupa pake sayurnya yaa. ;) You know lah... Greasy and all.

Kebanyakan tempat kebab tuh yaa enak2 aja sih. Intinya kalo liat tempatnya bagus/gede/rame, yaa berarti dijamin enak lah.


Beberapa tempat yg sering gw datengin di Paris/Courbevoie:

1. Maison de Gyros, St. Michel, Paris



2. Sandwicherie Grec, sekitar 66 rue Brancion, Paris

Ini yg paling sering gw datengin... Soalnya deket sekolah :p
Dan kebab di sini kyknya yang paling enak. Like, seriously.



3. Dehliz Restaurant, sekitar 1 rue Carnot, Courbevoie

Kalo ini gw baru datengin deket2 mau pulang. Deket apartemen gw dulu. Kenyang, enak.


Wut else for kebabs... Harganya sendiri sekitar 5 - 12 euroan, tergantung pake apa aja. Trus kalo yg ke tempat rame turis biasanya diladenin pake bahasa Inggris sih... Dikit2. Kalo yg jarang ada turis yaaa gatau deh. Kadang bisa2 aja, kadang engga. Just prepare your basic French or bring someone Frenchy with you.

Oh... Di sini sih kebab yaa ada2 aja. Tapi ga appealing enough gitu. Kea... Looks artificial... Dunno, maybe someday I'll give it a try.

Unless kalo ada yg buka Parisian Kebab di Jakarta... Mungkin gw..? Who knows? 

Dan satu hal lagi, untuk orang2 yg udah pernah nyobain kebab Turki dan kebab Paris, mereka lebih prefer kebab Paris. Somehow. Lebih enak... So yeah :q


2. Météo + Climate

Ya, walaupun di Indonesia cuma ada 2 kemungkinan (hujan/cerah), gw kangen aja sama akurasi météo / weather forecast pas gw tinggal di sana. Di sini, kalo liat forecast lewat apple, suka salah2... Well. Suhunya yaa ga beda2 lah sepanjang tahunnya, but still.

Untuk cuacanya sendiri di sini yaa, seperti yg gw bilang, 2 kemungkinan. Tapi, yang bikin agak males tuh kalo harus jalan kaki + naik transport umum, sementara tujuannya itu tempat indoor yg cukup dingin.

Di luar, panas, keringetan, pengap... Giliran di dalem, kalo bajunya ketipisan, bisa lumayan dingin. Jadinya kan harus bawa jaket atau pake baju agak dobel like, kemeja + kaos dalem. Kalo bawa2 jaket lumayan repot + tambah beban. Kalo dobel yaa gampang panas aja kalo saltum, apalagi kalo naik apa gitu, say, Metro Mini, dan macet, which means gaada angin... Apalagi kalo penuh, beuuh... Dan sebenernya poin ini bakal nyambung ke poin selanjutnya... But let's finish this mothatrucka first.

Yeah. Panas, pengap, polusi, dan di dalem bisa lumayan dingin. Kalo naik Kopaja AC ato TransJakarta ato Commuter Line gitu sih lumayan, soalnya dalemnya udah dingin jadi udah penyesuaian. Tapi yaa... Bisa diapain. Lokasi Jakarta emang di deket ekuator, which actually can be quite beneficial but...

Hmmm... Bener ga sih.. Gara2 cuaca di sini yang panas, pengap, dan intinya tropis+polusi, jadi banyak Mall... Orang2 sini lebih prefer jalan+nongkrong di mall2 ato tempat2 ber-AC... Welp.

Intinya, panas.

Kalo di sana... Well, sebenernya ada suka dukanya juga.

Summer: Suhu 25+
Terik parah jadinya panas parah. Di apartemen gaada AC gaada kipas angin, dan dikit banget tempat2 yang berAC. Kalo lagi panas banget, keluar males parah, di dalem rumah juga gabisa ngapa2in gara2 bener2 panaas. Hwaaawawawa. Kalo buka jendela, yang ada udara panas masuk. Serba salah.


Autumn: Suhu dari 20an - 10an
Transisi dari summer ke autumn itu yang paling enak. Daun2 udah mulai berguguran. *Autumn Leaves*.... Udah mulai2 mendung dan hujan, walaupun masih jarang. Yang enak kalo cerah... Soalnya cukup berangin, tapi anginnya ga kenceng2 banget. Man... Best times. Kalo udah mulai dingin gitu biasanya (selalu) nyalain heater kalo lagi indoor.

Dari autumn ke winter... Pohon udah 80+% naked. Dan walaupun suhunya masih bearable (belasan gitu), anginnya yang lumayan kenceng tuh bikin suhunya berasa beberapa °C lebih rendah. Brrrr. Hampir tiap hari ujan, dan tiap hari udah mendung gitu, cerahnya jarang banget sampe spring nanti. Intinya, chilly. Suka ada hujan es kadang2.


Winter: Suhu dibawah 10... Mungkin dibawah 8... I Forgot.
Chilly snowy chilly snowy. Jujur agak lupa winter soalnya winter terakhir di sana gaada salju..... :'' Jadi kerasa kyk perpanjangan autumn yang suhunya lumayan rendah. Sering hujan, dan karena suhu rendah jadii suka hujan es gitu. Pas ada salju sih.... Uff. Man. Best, best, best.

Gw inget pertama kali gw ngeliat salju turun. Pas itu malem2, Desember 2011 ato Januari 2012... Lupa... Intinya gw amazed bgt. Like, Subhanallah. Speechless. Bener2 cantik pas salju lagi turun. Apa lagi kalo semua udah dilapisin salju, trus ada salju turun...

Gw inget. Pagi harinya, setelah gw pertama kali liat salju turun, gw liat hamparan putih bersih, dimana-mana. Beberapa bulan sebelumnya yang gelap karena mendung, berubah terang benderang. Hanya dalam satu malam. Segala2nya yang bisa dilapisin salju, dilapisin salju. Yang bikin gw amazed tuh bagaimana salju yg turun ga beraturan, bisa membentuk suatu kesatuan yang indah. Ada kursi di balkon apartemen gw, dan lapisan salju yg terbentuk di atas kursinya tuh... like.. perfect. Smooth and symmetrical.

Pagi itu, gw bangun tidur, langsung buka jendela. Tanpa pakai alas kaki, tanpa jaket, tanpa baju hangat. Musim dingin pertama, salju pertama. Gw memutuskan untuk menyentuh salju pertama kali tanpa sarung tangan. Gw memutuskan untuk berjalan di atas lapisan salju yg baru itu dengan telanjang kaki. Gw memutuskan untuk keluar ke balkon, menikmati salju tanpa baju hangat. Lalu gw lihat pemandangan sekeliling.

Di balkon gw, di mana-mana, pagi itu... Salju yang masih "perawan"... Ini sebutan diantara gw sama temen2 gw disana untuk salju yg masih belom diinjek-injek, untuk lapisan salju yg belum disentuh. One of the best feelings in the world: Berjalan diatas salju baru, salju yang masih "perawan". Man. You have to try it at least once in your life.

Salju yang turun melapisi hampir segala2nya. Bahkan rel kereta yang kelihatan dari balkon gw pun tertutup salju. Atap rumah, tanaman, lapangan, mobil2. Man.

Beberapa jam berlalu, mulai terdengar suara mobil dan kereta. Mobil dan kereta untuk membersihkan salju dari jalanan atau rel. Orang2 juga mulai keliatan, dan lama kelamaan... Spot virgin snownya berkurang... :/

One thing about virgin snow: Kalo jalan keluar gitu pas setelah salju, gw pasti nyari2 sisi jalan ato tempat jalan di mana belom ada orang yg lewat situ. Seneng banget kalo setelah sekian lama jalan, masih ada aja salju yg belom diinjek2 :D

Setelah beberapa jam, beberapa hari, saljunya berubah jadi salju hitam karena diinjak2. Untuk salju di trotoar, kebanyakan dipinggirin. Gw juga liat banyak petugas nebarin garam di trotoar.

Kalo winter sih dingin kan ya. Ada heater sih iya, ada baju thermal iya... Tapi kalo keluar rumah kan pake all those winter gear... Giliran pergi ke mana gitu, di tempatnya malah nyalain heater jadi panas bgt... Serba salah. :p

Good thing tho, 3x winter disana gw progress. Winter 1 pake thermal, pake glove, pake beanie, pake jaket, pake scarf. Winter 2 lepas glove. Winter 3 lepas beanie dan scarf:D

Tapi inget banget gw pas winter 1, glove, beanie, sama scarf bantu banget dan emang perlu biar di luar ga dingin. As most of my friends said: "Yang bikin dingin tuh anginnya, bukan udaranya." Yaa semua itu + jaket bantu tahan angin. Kalo lagi berangin banget, pake scarf panjang untuk nutupin sampe hidung, trus pake beanie nutupin kuping sama tutup sampe alis.

Seru! And awesome! Mau lagi. Insya Allah bisa nanti. Aamiin.

So yeah... Itu tadi cerita ttg salju dan winter, more or less. Very unorganised yes I know.

;(

Winter. Intinya, snow. Snowy snowy, I miss snow. Tapi kalo gaada salju, biasanya kalo dingin banget tuh suka aja ada salju tipis yang beberapa jam hilang. Ato salju tipis yg entah kenapa cuma muncul di atas mobil... Yep. Winter. Snow. Have to experience it again.


Spring: Suhu dari 10an - 20an
Spring, spwing, spwingy spwing spwing. Masuk Februari, Maret, sisa-sisa salju kotor udah ilang. Spring. Gw lupa detailnya. More or less ya kebalikannya autumn. Daun bertumbuhan, bunga dimana-mana, kalo udah April-Mei, bunga2 berubah jadi kyk buah gitu. Dude... Biology. Like, Ovules and all Angiosperms and all. Spring.

Banyak yg suka kena some sort of Spring fever/flu gitu, I forgot the name. Trus deket2 summer makin panas gitu. Spring entah kenapa lebih terik dibanding autumn...

Welp. Pfffttt. That's that.

Intinya kalo di luar itu yaa terasa lebih interesting aja. Lebih ga monoton kyk di sini. Dan man, salju.. Uff.. Salju. Ga enaknya di luar paling yaa pas musim panas you can't really escape the heat. Kalo pas musim dingin yaa dingin. Dan giliran ke tempat lain jadi kepanasan. Serba salah :p


3. Others including Métro, Bus, RER, Feet (a.k.a. Walking), shops, tourist sites, museums, street artists incl. street singers, and maybe moar who knows ;) (like, no seating plan at cinemas, and how people greet each other inside lift/elevator (depends on whether you are British or American)).

Coming soon! Like, soon. Gw ngantuk XD 


Ga nyangka bakal nulis panjaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaang bgt ttg salju dan musim dingin. Like, gw kangen salju dan berharap bisa hidup di antara salju lagi... Insya Allah.

Ini AC jadi kerasa dingin gitu... Brrr.

Okay shutting up.

See you soon! :D

Cheers.

No comments:

Post a Comment