Friday 2 January 2015

Public Transport! (Mainly about Commuter Line)

Hai2,

(Yg gw tulis di bawah ini berdasarkan observasi personal + research dikit2 :p, so kalo ada yg ternyata salah, let me know.)

Hari kedua di bulan Januari, somehow, gw tiba2 pengen naik Commuter Line Jabodetabek...

Saking bosennya sampe kyk gini... :p Well, not exactly.

Emang lagi liburan gini sih, awalnya pengen nyoba naik dari Lenteng Agung (stasiun terdekat) ke Kota, trus strolling sekitar Museum Fatahillah/Museum Sejarah Jakarta, trus pulang naik TransJakarta, janjian di Senayan. Tapi, karena akhir2 ini lagi suka hujan deras, akhirnya ga jadi ke Kota.

Instead, gw mampir ke rumah temen deket Stasiun Tebet (thankfully lumayan deket, jalan 10 menitan gitu), trus lanjut dari Tebet ke Manggarai, ganti kereta ke Sudirman, TransJakarta/Busway dari Dukuh Atas ke Bundaran Senayan.

:/

Ini bukan pertama kali gw naik Commuter Jabodetabek... Biasanya naik Commuter dari Lenteng ke UI. Pernah juga dari Pasar Minggu ke UI. Dari yang orang2 bilang, Commuter Line sekarang udah jauh lebih baik. And yes, dari yg dulu gw inget2, walaupun ga pernah naik, kereta Jabodetabek emang beda bgt. Gw inget dulu banyak yg naik2 atap kereta gitu...

Sekarang, dibanding yg dulu, jauh lebih nyaman dan bersih, dan kyknya lebih aman juga deh... Jarang naik Commuter sih, ga pernah pas rush hour pas penuh bgt gitu..

Tapi masih ada beberapa hal yg bisa ditingkatkan... Tapi sebelum gw kasih tau beberapa hal yg bisa ditingkatkan itu, ini alasan2 kenapa tadi gw tiba2 pengen naik commuter:

- Di rumah ga ngapa2in, itung2 olahraga jalan kaki :p

- Pengen nyobain aktivasi kartu eMoney: Temen gw pas itu bilang aktivasi cuma bisa di stasiun besar, makanya gw plan ke Manggarai. Tapi ternyata (I think) di tiap stasiun ada... Cari deket loket ato lorong yg dilewatin orang2 sekitar loket, ada tempat ngetap kartu gitu bentuknya kotak, ukuran kecil/sedeng, warna merah, nempel di dinding. Ini kartu yg gw pake gw dapetin untuk TransJakarta Koridor 1, yg full e-ticketing, dan kartunya bisa dipake juga untuk Commuter Line. Lumayan ga harus ngantri2 beli tiket dan nuker tiket :)

- Pengen ngecek seberapa jauh rumah temen gw dari stasiun Tebet kalo jalan kaki :p

- Pengen "survey" stasiun titik potong/persimpangan/intersection/transit: Gw selama naik Commuter sebelum hari ini, ga pernah lewatin stasiun besar yg dilewatin bbrp jalur yg bercabang, kyk Manggarai. Curious aja stasiun besar untuk kereta di sini itu bakal kyk gimana... Itung2 research kalo jadi bikin post ttg public transport di sini :p

- Pengen liat stasiun Sudirman: Ini stasiun gw cuma pernah liat dari luar. Stasiun yg criss-cross sama Koridor 1 TransJakarta, yg terletak di jalan utama di Jakarta.. It'd be interesting.

Yep. Itu beberapa alasan kenapa gw tiba2 pengen jalan nyobain Commuter... Tryin'a fix public transport around here. Potensinya besar banget. Warga Jabodetabek butuh, butuh banget transportasi umum yang baik. Yakin akan banyak yg pake. Sekarang aja banyak keluarga yg pake. 

Commuter Line sama Transjakarta itu ga begitu pricey kok... Reasonable harganya. Commuter Line kalo gasalah Rp2000,00 kalo turun di 5 stasiun pertama dari stasiun departure, ekstra Rp500,00 untuk tiap 3 stasiun setelahnya. Sampai tadi, gw pake tiket single-trip yg kalo udah ditap keluar, kartunya bisa dikembaliin ke loket. Tiket kyk gini bayar ekstra Rp5000,00, tapi kalo udah sampe tujuan, ditukerin ke loket, bisa dapet Rp5000,00 nya balik. Namanya "THB" (Tiket Harian Berjamin). Rp5000,00-nya itu sebagai jaminan, I think.

Untuk TransJakarta, Rp3500,00 most of the time... Kalo gasalah lebih murah di rush hour pagi.

For comparison (post-BBM naik, yang late-2014)
- Metro Mini: Rp4000,00 jauh-dekat.
- Angkot: Kalo Angkot tergantung jarak sih, cuma dari yg gw sering naikin, say... Pondok Labu ke Lenteng Agung (S02), ujung ke ujungnya kalo gasalah Rp6000,00 , probably more.

Iya, MetroMini sama Angkot bisa berhenti almost anywhere yg dilewatin jalurnya, sementara Commuter sama TransJakarta harus turun di stasiun2/halte2 yg udah ditentukan, yg emang tempat turun.

Tapi ngeliat transportasi umum di Jakarta yg udah ada... Lumayan sih. It works, somehow. But we really need an underground network. Soalnya overground, kalo pake angkot, metromini, kopaja, TransJakarta, bisa ttp kena macet. Kalo underground, insyaAllah bebas macet... Who knows. :p

Makanya gw lumayan suka sama Commuter, so far. Lebih bebas macet. Itu alesannya. Dan kalo pergi jarak jauh nyaman2 aja. Dan cukup murah.

Nah, tapi seperti yg gw bilang di awal, ada beberapa hal yg perlu diperbaikin/ditingkatkan... Ada juga hal2 yg gw sayangin yg mungkin udah gabisa diganti. 


Ini beberapa hal yg bisa gw inget/omongin:


1. Informasi/Penanda kereta mana di peron/platform yg mana

Kalo orang yg udah sering naik sih kayaknya ga masalah. Gw gatau ini aturan umumnya ato engga, tapi lajur kereta itu kebalikannya lajur mobil/jalan raya. Di jalanan di Indonesia kita nyetir di lajur kiri, sementara kereta di sini itu di lajur kanan. Jadi kalo jalur Bogor-Kota, yg run South-North, kereta ke arah Kota (utara) itu di lajur sebelah timur, sementara kereta  ke arah Bogor (selatan) itu di lajur sebelah barat.

Nah, tapi bagi yg gatau ttg aturan ini, lokasi kereta mana di peron mana, bisa rada awkward. Good thing, sering/selalu ada yg jaga di stasiun, jadi bisa nanya mereka. Atau bisa juga nanya2 orang sih.

Oke, tadi di stasiun Manggarai, yg merupakan stasiun intersection/transit/persimpangan, gw agak bingung. Gw mau lanjut ke Sudirman, yg arahnya itu ke Tanah Abang... Kereta yg gw naikin itu ke arah lain, yaitu Kota. Nah, berarti gw harus ganti kereta kan... Pfft, obviously.

Masalahnya, gw gatau kereta mana yg ke arah Tanah Abang... Iya, ada mas2/mbak2 yg ngasih pengumuman lewat speaker. Tapi masa kita harus nunggu pengumuman lewat gitu?

Iya, bisa nanya orang, bisa nanya petugas2 yg jaga.

Well... Mungkin ga pasang info kereta yg mana ada di peron yg mana itu ada baiknya juga... At least kita, manusia kota, jadi "diwajibkan" untuk berinteraksi dengan orang lain :p No problemo, just ask the guard..

Well... Dari yg gw liat, ada orang2 nanya gitu entah ke orang lain entah ke petugas. Pas nanya ke orang lain ada aja yg ga jawab, ato gatau, karena arahnya beda. Nanya ke petugas sih bisa dijawab, cuma beberapa ada yg agak dingin gitu. 

Gimana gw akhirnya bisa menemukan kereta yg bener? Tiba2 denger orang lain ada yg nanya ke Tanah Abang... Well, I got all the time in the world, dan gw awalnya rencana untuk duduk2 setengah jam, observasi, merhatiin how it all works around here, sekalian dengerin pengumuman. Tapi akhirnya kedengeran orang nanya, jadi tau juga lumayan cepet.

Nah, gw menuju kereta yg akan lewat Sudirman. Untuk konfirmasi, gw nanya ke petugas yg ada di keretanya. Itu btw yg dari tadi gw sebut 'petugas' itu more like penjaga keamanan yg pake helm putih itu. Gatau exact namenya apa... Anyway, petugas yg gw tanyain itu jawabnya rada dingin dan agak cepet, jadi ga jelas...

Gw sih personally ga masalah. Cuma gw mikirin, kalo Indonesia eventually didatengin banyak foreigners, entah workers ato tourists ato students, yaa susah juga kalo info ga jelas atau petugas gabisa jawab dgn... agak warmer.

Sebenernya masalah sama petugas itu ga akan jadi masalah besar kalo ada papan info atau TV gitu yg jelas ngasitauin kereta mana di peron mana, direction mana, jam berapa berangkatnya. Soalnya pengguna Commuter bisa langsung cari tau sendiri, dengan ngeliat papan info/TV.

Petugas2 kyk gitu kan fungi utamanya emang menjaga kemanan, yaa dikit2 bolehlah orang nanya2. Cuma kalo kebanyakan orang nanya ke petugas, maybe mereka bakal rada annoyed juga? Mungkin ga sih mereka jadi annoyed? :p

Gw sadar sih, petugas2 kyk gitu di luar juga ada. Tapi biasanya kalo lg ada acara besar, crowded, dan busy gitu. Dan mereka kalo ditanya2in gitu sama orang juga... Biasa aja sih.

Well, mungkin petugas di sini juga biasa2 aja kalo ditanya2in. Cuma ya balik ke yg tadi lagi. Kalo ada papan info/TV, tugas penjaga2 di stasiun bisa lebih ringan lah...

Another plus side, pergerakan orang2 bisa jadi lebih cepet kalo ga nanya2 ke petugas/orang lain. Kalo lg ada yg mau buru2 gitu misalnya...

Tadi di stasiun Manggarai, yg merupakan stasiun intersection, gw ga liat papan info yg jelas. Peron tempat gw turun itu nandain bahwa peron ini itu untuk kereta ke arah Tanah Abang juga... Tapi ternyata ada kereta di peron lain yg lagi nunggu berangkat, dan itu ke arah Tanah Abang... Kalo tadi ga denger orang/ga nanya... Yaa kemungkinan gatau ada kereta itu di peron lain.

Nah, di stasiun Sudirman... Gara2 lokasinya di daerah skyscrapers, pusat, "premium"... Maybe... Jadi ada TV gitu yg ngeliatin kereta ke arah mana dan jam berangkatnya... I think. Gw di situ buru2 jadi ga merhatiin bener. Tapi sekilas, yg gw liat itu ya kereta yg ke mana, sama ada jamnya. Which is... Cool.

Kalo di Sudirman bisa pasang ginian, kenapa di stasiun lain engga? Khususnya stasiun intersection gitu... Soalnya mengandalkan pengumuman lewat speaker, kadang suka ga kedengeran. Nanya orang bisa lama.

Conclusion: Pasang TV yg isinya info jam berapa sekarang, jam berapa keretanya akan datang/berangkat, tujuan kereta itu, dan di peron yg mana lokasi kereta itu. Insya Allah orang2 bisa lebih jelas dapetin info, jadi pergerakan orang bisa lebih cepet.

2. Rain

Hal kecil aja sih, kalo lagi musim hujan itu masih suka ada yg bocor... Which is alright kalo dikit2, soalnya di luar juga masih ada, so... Acceptable. Cuma yg perlu diperhatiin itu genangan air. Di luar juga masih ada sih... Cuma dari yg tadi gw perhatiin, genangan air di sini itu lumayan gede2.. Itu aja sih... Pastiin ga licin, dan nyaman untuk orang2 jalan. Jadi gaperlu loncatin (yg bisa bahaya), dan gaperlu menghindar (yg bisa bikin macet)... Genangan air kalo gede annoying juga soalnya... :p Wet socks and shoes.

3. Fasilitas pejalan kaki sekitar stasiun

Pastiin aja sih trotoarnya ada, aman, dan nyaman. Pastiin ada tempat untuk orang2 nyebrang. Sayang juga kalo ada yg rumahnya sebenernya deket, bisa jalan kaki ke stasiun, tapi tetep pake motor gitu ke situ.. Ini nyambung ke masalah trotoar di Jakarta in general sih. Kadang pejalan kaki harus turun ke jalanan karena gaada trotoar, jadi bisa bahaya. Apalagi kalo musim hujan ada genangan besar, di jalanan yg gaada trotoarnya. Cobain sendiri aja... Gaada trotoar tuh bahaya. Yg nyebelin kalo udah ada trotoar, tapi gabisa dipake karena kehalangan orang parkir/mangkal/jualan/ngapain... Kapan2 gw bahas ttg fasilitas pejalan kaki :p

4. Warning sama Pegangan

Sejauh ini, dari yg gw perhatiin, pintu kereta itu ditutup setelah petugas2 di ujung kereta kasih aba2. Bener ga sih? Soalnya durasi pintu kebuka itu ga tentu, kadang bisa cepet bgt kalo emang gaada yg naik/turun. Cuma masalahnya, kalo ada yg tiba2 mau turun, tiba2 kejepit? Kalo mau naik sih kyknya lebih aman, soalnya keliatan di luar... Cuma orang turun kan dari dalem kereta, yang ga keliatan sama petugas ujung2.

Kalo ada suara warning pintu mau ditutup gitu, itu udah enak bgt. Jadi orang yg tiba2 mau keluar bisa tau dan hati2. Gw pernah sekali, pas baru pertama naik Commuter, nongolin kepala :p dan karena biasanya dapet suara warning gitu kalo pintu mau ditutup, gw ga ngeh... Engga, kepala gw engga kejepit. Tapi gw lumayan kaget, kepala gw nongol gitu tiba2 pintu udah gerak nutup... Ishh.

So yeah... Kita butuh suara warning pintu ditutup.

Sementara masalah pegangan... Ini applies ke TransJakarta juga sih, tapi bahas kapan2 yg spesifik TJ. Pegangan bagi orang yg berdiri itu sebenernya ada sih di kereta2... Mainly pegangan tangan yg dangling gitu dari atas. Masalahnya, ini terbatas. Ada juga sih pegangan besi gitu di atas ato di pinggir2 tempat duduk. Yaa, untuk yg berdiri di antara dua sisi tempat duduk sih gpp... Cuma bagi yg berdiri di tengah (depan pintu kereta), pegangannya minim.

Di luar lumayan enak, soalnya ada tiang di tengah2 space yg cukup gede itu, space depan pintu kereta. Tiangnya tengahnya bercabang tiga, jadi bisa banyak orang yg pegangan. Considering kereta2 Commuter Line itu lebih bumpy dari Métro/RER, gw rasa kita butuh pegangan di tengah2 itu... Kalo lagi banyak orang soalnya, itu useful bgt. Kalo banyak orang ga dapet pegangan, suka awkward gitu ada yg miring2 mau jatoh :p Yg masalah pegangan sih ga terlalu masalah, cuma bakal lebih nyaman aja gw rasa.... Gatau sih kalo kereta2 gini bisa dimodif custom ato harus terima dari desain awalnya..

5. Street Musicians

Nah, yg ini agak dodgy. Soalnya kalo mau nambah street artists, perlu ada regulasi, pengawasan yg ketat. Pastiin yg dateng itu entertaining, pastiin mereka ga ganggu, pastiin ga maksa2 masuk kalo lg penuh.

Gw rasa, kyk di Paris, gpp ada pemusik jalanan yg ngamen. Di sana sih masih ada aja tunawisma yg minta2 di dalem Métro... Which can be quite disturbing. Ga jarang ada orang minta2 yg mabok, ato yg bau bgt, gabisa mandi berbulan2... Ga bermaksud menjelek2an.. Gw prihatin sama kondisi mereka, kenapa masih ada orang2 yg hidup kyk gini... Apa mereka yg mau...? Di mana peran pemerintah....? Itu yg gw tanya2in pas masih di sana.

Anyway, yeah. Street Musicians... Why not? Mereka bisa entertaining kok. Tapi kalo mau yg bagus, yg bisa ga mengurangi kenyamanan pengguna kereta, perlu ada pengawasan. How..? Gw sempet denger pengamen di Métro sama kereta sekitar Paris itu "diaudisi" dulu... Gatau bener ato engga, tapi itu lumayan keren kalo bener.

Gatau deh di sini bisa diterapin ato engga. Selain mastiin mereka entertaining dan ga mengganggu kenyamanan, pastiin petugas2 yg ngawasin disiplin, ga ngebiarin sembarang orang ngamen... Misal ada A sama B. Si A boleh ngamen, sementara B punya tendency untuk mengurangi kenyamanan. Jangan sampe gara2 A temenan sama B, jadi B dibolehin masuk... Gitu.

Intinya untuk yg ini, selektif. Semoga aja kalo ada aturan ini, street musicians di Indonesia bisa lebih diapresiasi lagi, dan mereka sendiri bisa keliatan lebih baik, jadi pribadi yg lebih baik gara2 bisa ikut aturan. Dan semoga, makin banyak ide2 kreatif yg muncul dan ditampilkan oleh musisi2 jalanan :)

Gw ga bilang pengamen2 Jakarta itu ga baik. Gw bisa ngusulin poin ini karena sejauh ini, ga sedikit pengamen2 yg gw temuin di Metro Mini ato angkot yang bisa entertaining, yg suaranya bagus, yg mainnya bagus. Sayangnya masih ada yg kesannya malak, ato yg ngamennya males2an... :/

And yes, gw yakin kebanyakan dari musisi jalanan ga mau hidup terus2an kyk gitu... Cuma, at the very least, kalo para artis jalanan ini menjalankan tugasnya dengan baik, dengan cara menghibur, semoga bisa jadi berkah dan ibadah tersendiri. :)


6. Ini yg udah susah diganti, dan penutup




Commuter Line itu udah cukup nyaman untuk digunakan. Tergolong cukup murah juga. Selain beberapa masalah di atas, no big problem. Di dalemnya adem, sepoi2 pake kipas angin... Kursinya juga cukup nyaman, dan dalem keretanya bersih.

Kalo bisa gw bandingin Commuter Line Jabodetabek sama public transport yg di Paris, Commuter Line ini sebanding sama RER Île-de-France :)

Sama2 kereta yg ditujukan mainly untuk pekerja, commuters yang tinggal di suburbs dan perlu ke tengah kota. Jarak antar stasiun sama2 cukup jauh, dan jalur2nya itu keluar Jakarta ke daerah2 suburbsnya Jakarta, sama kyk RER yg dari Paris sampe ke ujung2 Île-de-France.

Nah, yg gw sayangkan... Misal orang mau dari Depok, or say Lenteng Agung, yg masih bagian dari Jakarta, mau ke stasiun Kebayoran... Kita harus ke utara dulu, ke Manggarai, trus ambil yang ke Tanah Abang, baru balik ke selatan, ke Kebayoran... Gaada jalur yg East-West di selatan... :(

Kalo ada, it'd save time. Masalahnya, udah kebanyakan perumahan penduduk. Gw blm tau sejarahnya kenapa jalur2 kereta di sini itu kyk gini... But yeah. Sayang bgt harus ke tengah dulu kyk gitu...

Semoga aja di kedepannya, MRT Jakarta bisa bikin sambungan2 East-West ato sambungan apapun yg kalo mau pindah/transit ga harus ke tengah2 dulu.



Makasih! Sori kalo rada blabbering... Kalo ada topik2 yg nyambung nanti coba gw bahas lain waktu ya.

Stay safe.

No comments:

Post a Comment