Saturday 19 July 2014

Panas. Bukber. Ch-ch-ch-ch-changes

Hai2,

Panas. Beberapa hari ini panas banget. Kalogasalah beberapa hari yang lalu suhunya sempet sampe 30an °C. Yep. Dan panasnya kerasa. Banget. Hari Jum'at kemaren setelah Jum'atan kan nonton gitu, soalnya deket tempat Jum'atannya ada mall. Udah kan, masuk, masih kerasa lumayan panas. Trus nonton... Edge of Tomorrow. Filmnya kereen. Ngingetin gw sama film Groundhog Day... Nah, didalem studionya itu dingin gitu. Malahan gw berasa agak kedinginan juga. Biasanya kan keluar bawa jaket. Tapi karena saking panasnya gw yaa cuma pake kaos dan kemeja. Pas didalem dingin bgt, daan pas keluar mallnya langsung kerasa gitu pengap dan panas. Heat wave.

Kadang2 gw bingung gimana gw bisa merasa biasa2 aja hidup di Jakarta dengan suhu yang panas dan kelembapan yang cukup tinggi... Tapi gw baru inget... di Jakarta kemana2 pake kendaraan, jarang jalan kaki, dan kalo indoor pake AC. So yeah..

Sabtu pagi, 19 Juli 2014, akhirnya(?) ga sahur setelah berhari2 puasa. Satu rumah ketiduran, dan gw lupa ninggiin suara alarm :/

Sorenya, buka puasa bareng dirumah wakil duta besar disini... Which is kind of cool. Bisa dapet insight, ngeliatin komunitas Indonesia disini, khususnya yang deket sama pemerintahan disini... Sort of.

Tapi yang gw suka dari acara2 Indonesia disini itu gw jadi dapet insight tentang kehidupan mahasiswa Indo diluar. Anak2 PPI, ataupun yang lagi liburan kesini. Dan gara2 ini, somehow gw juga jadi termotivasi dan... Kea sort of reassuring gitu. Which is good.

Ke acara kea gini juga jadi inget sama jaman SMP. Segala macem protokoler, koordinasi acara, antisipasi masalah2.. Etc2.

Kangen sama jaman SMP. Jujur aja. Gw bersyukur banget udah bisa sekolah di Labsky 3 tahun. Kenal sama orang2 yang... Simply brilliant.



Sayangnya, kenyataan hidup... Kalo kita pisah sama temen2, makin dikit hal yang nyambung, makin dikit hal yang bisa diobrolin... Unless lo bener2 deket sama mereka, atau punya interest yang sama.

I mean. We got separated, we made new friends, they made new friends. 

Each of us continue to chase our own dreams.

Tapi sebagai manusia, walaupun udah pisah sekian lama, kita tetep aja bisa balik, pick up where we left off. Apalagi sekarang with all those social media and skype and messengers... Lebih gampang untuk keep in contact. 

Tapi keep in contact itu juga suka agak susah... Kadang kita mau nyapa temen.. Udah lama ga denger kabar.. Tapi takut ganggu. Takut mereka lagi sibuk. Kadang baru dibales beberapa jam kemudian, atau sehari dua hari kemudian. Kadang kita bener2 lagi sibuk, atau mereka emang bener2 lagi sibuk. Kadang kalo mau ngobrol seru, harus texting panjang2, tapi capek ato ribet. Kalo mau vidcall, quality callnya suka ancur. Kalo beda timezone gitu, harus cari2 jam yang pas sama semuanya.

Dan juga... Kita bisa aja segan nyapa karena takut temen kita disisi lain lagi badmood.. :/ Well. Susah juga sih kalo pengen tau mood orang. Kalo face to face aja bisa susah ditebak, gimana lewat text, yang lebih bisa disembunyiin..

But probably it's just me. I'm not that good at guessing people's mood... Sadly.



Dan setelah pisah sekian lama... Terus tiba2 ketemu lagi, ato ngobrol lagi... Orang bisa aja berubah.

The thing is...

"We all change, when you think about it. We're all different people all through our lives. And that's okay, that's good, you've got to keep moving, so long as you remember all the people that you used to be."

-Doctor Who, The Time of The Doctor (2013)-



Kita semua berubah. Kalo dipikir2, sepanjang hidup kita, kita itu adalah orang2 yang berbeda. Dan itu bagus. Perubahan itu bagus, so long as we remember all the people that we used to be.

Summer 2013 lalu gw ke Jakarta untuk sekitar 2 minggu. Ketemu temen lama.

But before that... Kerasa banget kondisi udara di Jakarta beda sama disini. Disana emang kerasa lebih pengap gara2 lebih lembap... High humidity.

So yeah.. Temen2 lama. Bikin2 acara ngumpul2 sekalian bukber, soalnya pas puasa dan keanya bukber sama temen2 itu wajib... Sort of.

Dan gw perhatiin... Banyak yang berubah. Mungkin gara2 hampir dua tahun ga ketemu, ga ngobrol.. Jadi yaa kaget aja kalo tiba2 temen2 kita udah beda gitu. Jokesnya udah beda... Obrolannya beda. Somehow lo jadi ga nyambung. :/

Cannot into relevant any more.

Beberapa temen gw juga bilang gw berubah. Dan awalnya, setelah di-comment kea gitu, yaa gw ga berasa ada perubahan dari dua tahun yang lalu. Tapi beberapa bulan yang lalu, gw baru sadar. Yep. I have changed.

It is scary. Kita ngeliatin orang yang sama. Temen2 kita yang physically ga terlalu berubah. Tapi beberapa, didalemnya, udah berubah. Dan perubahannya ga harus negatif sih. Ada yang somehow jadi lebih baik. Tapi yaa.. Felt weird.

Dan dipikir2, sedih juga. Sebagai orang yang "ngeskip" perubahan dari temen2 kita, yang ga hidup melewati perubahan temen2 kita.. Agak sedih kalo mereka bener2 berubah. Because we'll never see that same look or hear that familiar voice. Not anymore.

Kalo mau yang agak dark... Gw sempet mikir2.. Ini sama aja kea seseorang yang meninggal. Ga akan kita bisa interaksi dengan orang yang sama. Gabisa dengerin suara yang sama. Dark indeed. Maybe it's a bit too much... But hey, this thing came across my mind once. And in some ways, it is true.

Kita kangen sama momen2 yang udah kita alamin di masa lalu, especially all those good or other memorable moments with your friends... And somehow kalo ketemu temen lama, kita pengen recreate, pengen relive that moment... But it's simply hard, kalo temen kita, dan bahkan diri kita sendiri, udah berubah..

Dan sudah saatnya kita bikin momen2 bagus yang baru. Mulai petualangan baru. Cari hal2 fun yang baru, yg bisa lo alamin sama temen2 lo. Which is great.

Kerennya manusia itu bisa adaptasi. Dan berhubungan sama post sebelumnya, kita juga harus belajar untuk let go.

So yeah.... :)

Beberapa hari lagi pengumuman pemenang pilpres, officially, dari KPU. Semoga yang kalah bisa menerima, dan membawa perubahan (yang baik) di Indonesia. Semoga yang menang bisa membawa bangsa ini menjadi lebih maju, dengan cara yang baik. Dan semoga supporter dari kedua belah pihak bisa damai, dan bisa diajak kerjasama untuk membawa perubahan yang baik di Indonesia. Semoga yang menang bisa humble, dan yang kalah bisa menerima denan ikhlas... Kecuali kalo ditemukan kecurangan. Yang ada bukti yang kuat... Then, we'll take action. But peacefully, and legitimately. Hopefully. Yeah.

So, I think that's that for now.

Cheers.

No comments:

Post a Comment