Thursday 17 July 2014

The Essence of Evil, Behind the Scenes

Hai2,

So... Lots of things are happening right now.

Last night when I was watching the telly, I heard that 1.) a commercial airplane was shot down in Eastern Ukraine, and 2.) Israel started their ground offensive against the Palestinians in Gaza... Yep.

My condolences.

Innocent lives are lost. Unnecessary deaths... Sadly, this is the world we live in today.

But anyway, life goes on. For us. The living. Sadly, trapped in this world.

But hey, we have to make the best out of it. We have to protect our world. Live in peace and harmony. We have to find meaning to this world, and prepare for the one that comes after. We still have a lot of work to do.

So yeah.

Umat manusia sudah ada sejak ribuan tahun yang lalu. Mungkin lebih. God knows. Tapi sayangnya, masih ada aja konflik. Mungkin ini emang takdir? Manusia diciptakan berbeda2. Ga cuma dari penampilan atau kebangsaan atau tempat lahir. Tapi kita juga punya pandangan yang berbeda antara satu sama lain. Kepercayaan yang berbeda. Pola pikir yang beda. Beberapa dari kita percaya bahwa A lebih penting dari B, sementara yang lain percaya bahwa B lebih penting dari A. Intinya yaa perbedaan pasti ada.

Tapi gimana cara mengatasi perbedaan?


Menurut video ini...: 


The essence of every single form of evil in this world are these two things: oppression and ignorance. True enough. And it does make sense.

Jadi yaa. There you go...



Mumpung masih Ramadhan, mungkin kapan2 gw bakal nulis tentang something related to Islam... And religion in general, including one of the main "themes" of our world today: anti-religion, anti-theism, and atheism. So yeah. Fun to discuss. Dan sebenernya salah satu temen gw disini emang interested tentang pertanyaan "What is the purpose of life?"... Dan gw bilang akan coba jawab. So yeah.

Dan tentang "main themes of our world today"... Sebagai seseorang yang punya interest di sejarah.. Gw punya some sort of generalisation terhadap era2 tertentu, dan tema2 utama dari era2 di dunia ini... :p 

Mungkin bakal gw cover juga. Because it is really interesting. Well, mungkin cuma untuk gw. But yeah :p

Intinya gw turut berduka cita untuk korban2 dari pesawat Malaysia Airlines yang kena tembak. Juga untuk saudara2 kita di Palestina. Juga untuk saudara2 seumat manusia dimanapun didunia ini yang kena musibah, khususnya musibah yang terjadi gara2 orang lain. 

Susah rasanya untuk ketawa atau senang2 kalo tau di suatu tempat di dunia ini ada orang yang struggling untuk bertahan hidup...





So... Ke topik utama.


Yep. Postingan kedua. Kali ini entah kenapa ada drive untuk bener2 nulis. Which is good, I guess.

Sejauh ini gw rasa grammar gw ancur dan nyampur2 banget. Well.. Tapi setelah 3 tahun sekolah di sekolah internasional.. Gw belajar satu hal:

Makin tinggi level bahasa lo. Makin ga peduli lo sama grammar.

Temen gw yg native English aja suka ancur grammarnya... :/

So yeah :p


Anyway,

Gw bakal cerita tentang proses bikin blog yg baru ini...


Sebenernya sekitar pertengahan Desember 2013, gw udah nyoba untuk nulis satu post. Tapi karena sibuk dan ulangan akhir dan tugas2 akhir dan juga agak down gara2 belom tau bakal ada dimana untuk tahun depan... Gw jadi ga nulis. Until yesterday.

Kemaren gw memutuskan untuk nulis lagi. Dan more or less alasannya udah gw cantumkan di postingan pertama. Intinya: Keep record ttg diri gw (which is kind of creepy kalo gw naro detail banyak gitu atau numpahin isi kepala gw disini), daan share stuffs... Karena gw butuh tempat untuk ngeshare.... Walaupun gaada pembaca juga disini tapi yaa... Yeah whatever man. Feelin' a wee bit lonely here ;(

Nah, gw nyoba untuk nulis di blog yg sama sama yang gw bikin pas Desember 2013 itu.. Tapi gw pengen ganti background sama titlenyaa.. Backgroundnya sih bisa diganti. Tapi entah kenapa pas gw mau coba customise, edit titlenya.. Gabisa. 

So, gw bikin blog baru. Designnya (which includes the background) tinggal gw copy-paste HTML dari blog yg satu ke yg baru. That done. Thank you copas.

Untuk background, gw emang agak kurang setuju sama yang gw pilih pas Desember lalu. Terlalu... Apa ya.. Well. Dunno. Ga cocok aja kalo dibikin tile. Trus ukurannya sama warnanya kurang pas... Ini foto yg gw pake:



Fotonya gw ambil keanya deket2 Desember 2012, dibelakang Grande Arche de La Défense.

Nah gw trus coba cari2 yang agak simpel dan artsy. Jadi ngobok2 file, foto2 dari iPod... Dan ketemu sama beberapa foto. Akhirnya empat foto gw jadiin satu, dibikin empat kotak gitu... Tapi meh. Akhirnyaa ya gw pilih yang daun. Which is background yang sekarang.


Now.. Pas bikin blog baru kan harus bikin address baru juga... And it took me around three hours to decide. Naming things is hard. Indeed.

Address yg gw pake yaitu: "randomnewworld" (.blogspot.com)... 

A: Kenapa? 

B: Soalnya nama2 yang gw pengen udah dipake...

A: Nope. That's not a good enough answer. Try again. Kenapa randomnewworld?

B: Soalnya nama2 yang gw pengen udah dipake daan nyoba nama2 lain agak aneh dan somehow gaterlalu represent diri gw.

A: Ok, good enough. Apa itu randomnewworld?

B: Gw ambil dari expansionnya "Europa Universalis IV" (EUIV) yaitu "Conquest of Paradise", dimana kita bisa ngegenerate "new world" (click) yang bentuknya random. Yep. Cool.

A: Whoa2 hold your horses.. What's EUIV?

B: Some kind of a niche-based(?) video game. Untuk yang suka sejarah dan well.. Sejarah... And conquering the world. Sort of. Ga harus conquer the world juga sih. Intinya roleplay.. Dan ngeset objectives untuk kita sendiri. Nama genrenya "Grand Strategy", dan disini kita main sebagai negara. EUIV ini bikinan Paradox Development Studio sama Paradox Interactive. Mereka bikin banyak game Grand Strategy untuk komputer. Kalo EUIV itu pas era Renaissance, Age of Discovery, sama early colonisation... Game lain ada yang pas medieval era, Victorian era sampe WWI, dan ada juga yang pas WWII. There you go.

Nah, di Grand Strategy kita mainnya pake peta dunia. Dan, di EUIV, kita gabisa liat seluruh peta dunia. Lokasi yang belum kita explore itu tertutup sama yang namanya "Terra Incognita" (latin: unknown land). So, kita perlu explore.

Cuma kan kalo let's say gw main pake Inggris. Trus gw pengen colonise America, which is bagian dari "the New World"... Gw kan udah tau lokasi Bermuda dimana, Cuba dimana, Florida, Brazil, Nova Scotia.. Jadi kurang seru. Feel "eksplorasi"nya gadapet.

Jadilah dibikin yang namanya random new world, dimana tiap main bakal ngegenerate New World yang... Random. Jadi lebih kerasa eksplorasi. So, there you go...

A: Oke..........

Right... I'm talking to myself. I'm going slightly mad. Just like that Queen song.

But anyway.. yeah. randomnewworld.. apa hubungannya sama blog ini? Soalnya... Gw rasa gw akan menghadapi dunia baru, yang agak random.. Well not really. Tapi somehow make sense. Dan agak geeky juga gara2 gw ambil dari game which is one of my favs. :p

Talking about video game... I actually learned a lot through video games. I hope I can discuss this somewhen in the future.

So yeah, itu tadi address blog gw yg baru. Geeky and hidden meaning.


Nah, sekarang title sama title description.

Ini gw ambil dari mini-episode Doctor Who.... Umm yeah. Here it is:


Quotenya ada di 7:30... Yep. 

"To days to come." "All my love to long ago."

Sekilas sounds a bit.. Cheesy? Maybe.

Tapi entah kenapa gw suka banget sama quote ini.. Daan gw keanya gabakal jelasin ttg Doctor Who like I did with EUIV.. Tapi intinya, gw rasa disini ada some kind of "celebration". Yang satu untuk masa depan, stuffs that "The Doctor" is gonna go through. Dan satu lagi untuk masa lalu, stuffs that he already went through. Gw juga dapet impression somehow mereka kea nitipin salam, satu untuk masa depan, satu untuk masa lalu... I don't know, really. But I really like this quote. Awalnya gw kira ini quote terkenal darimana gitu. Tapi ternyata engga... So, good job there.

Hubungannya sama blog ini? Well.. Gw suka sejarah. So somehow it is relevant. I am going to talk about the past, the present, and the future. Future? Plans, maybe. Predictions? Who knows..? 

It is important to know our history, to learn from it, and use it to our benefit. Tapi ada saatnya dimana kita harus belajar untuk ngelepas. Let go. Susah sih. Tapi, dengan ngelepas hal2 dari masa lalu, kita nyedian tempat untuk hal2 yang akan datang. Tentunya kalo ngelepas, kita juga gaboleh lupain "essence"nya, inti dari hal yang mau kita lepas, biar jadi pelajaran untuk masa depan, dan juga kenangan.

Celebrate the past, the present, and the future. Things that came and went. Things that are going to come to you.


To days to come. All my love to long ago.

Cheers.

No comments:

Post a Comment